Breaking News

Saturday, September 16, 2017

Surfing dan Tips Dasar yang Harus Dipelajari Agar Berselancar Jadi Lebih Mudah dan Aman

UlasOlahraga.blogspot.com - Olahraga memang tak hanya bisa dilakukan di darat saja, buktinya ada banyak sekali jenis olahraga air yang justru lebih banyak peminatnya, karena lebih menantang dan juga menyenangkan, seperti diantaranya adalah surfing. Sebagian besar diantara perairan yang ada di Indonesia memang tergolong sebagai perairan hidup, artinya ada ombak yang senantiasa lewat, dengan ketinggian yang bervariasi. Ombak ini bisa dimanfaatkan untuk berselancar. Selancar ini sendiri termasuk salah satu jenis olahraga yang menantang, karena harus bisa menaklukkan ombak hanya dengan mengandalkan sebuah papan.

Bukan hanya kaum adam saja, banyak diantara wanita yang juga menggemarinya. Bahkan jika dilihat mayoritas diantara wisatawan asing yang datang ke Indonesia memiliki tujuan untuk mencoba olahraga yang satu ini. Beberapa kawasan terkenal dengan ombak yang cocok untuk selancar, seperti diantaranya adalah Bali. Hanya saja karena tergolong sebagai jenis olahraga yang beresiko tinggi, maka tak sembarangan orang bisa melakukannya, diperlukan latihan khusus terlebih dahulu.

Surfing dan Tips Dasar
Surfing dan Tips Dasar
 Tentunya memulai surfing juga harus dari ombak yang intensitasnya kecil, jangan sekali-kali mencoba berselancar di tengah ombak besar bagi yang masih awam, karena nyawa adalah taruhannya. Bagi yang ingin berselancar secara aman dan juga nyaman karena masih dalam kategori belajar, maka berikut ini sedikit tips bagi Anda, yaitu:

1. Pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, apapun jenis olahraga yang dilakukan, pemanasan ini menjadi bagian penting yang tak boleh ditinggalkan. Karena berfungsi untuk merilekskan otot-otot tubuh sehingga tidak tegang, tanpa pemanasan resiko juga sangat tinggi karena bisa jadi ketika tengah berenang Anda tiba-tiba keram kaki.

2. Gunakan pakaian yang tak terlalu membebani tubuh Anda, misalnya saja pakaian renang, karena semakin berat bobotnya maka akan menyulitkan ketika berdiri di atas papan.

3. Pastikan untuk menggunakan semua sarana penunjang selancar yang berkualitas baik, mulai dari pakaian, kemudian juga papan, cek kondisi papannya apakah masih layak untuk dipakai atau tidak. Karena papan inilah satu-satunya pijakan ketika ombak menerjang. Pastikan bahwa penggunaan papan ini benar, seperti ujarnya yang harus masuk kedalam air sehingga bisa terdorong secara stabil ketika dipakai.

4. Pastikan untuk belajar keseimbangan terlebih dahulu, poin penting dalam berselancar memang keseimbangan ketika tengah berada di atas papan, bagaimana caranya agar tidak jatuh meskipun hanya berpijak di atas papan yang dibawa ombak. Biasanya ada latihan-latihan khusus yang dilakukan untuk bisa menjaga keseimbangan ketika tengah berselancar tersebut.

5. Jangan terlalu membebani papan dengan berat badan di bagian belakang, hal ini akan membuat Anda mudah jatuh, mulailah bergerak perlahan ke bagian tengah, sehingga nantinya posisi menjadi lebih seimbang. Dengan cara ini juga membuat berat badan Anda akan jauh lebih stabil ketika tengah berdiri di atas papan.

6. Sering-seringlah berlatih dengan teknik-teknik baru yang diajarkan oleh instruktur, tak ada yang lebih mudah untuk dilakukan selain dengan berlatih. Dengan berlatih maka pengetahuan Anda juga jadi semakin bertambah tentang selancar ini, bukan hanya dari teori saja, melainkan langsung praktek. Sehingga nantinya tubuh juga akan mengikuti alurnya sendiri ketika berselancar.

Surfing adalah olahraga menyenangkan yang bisa dicoba untuk menghabiskan waktu senggang, selain langsung berselancar di pantai, belakangan ini sudah banyak tempat-tempat yang bisa membuat ombak buatan untuk kebutuhan selancar yang lebih aman, Anda juga bisa mulai berlatih disana.

No comments:

Post a Comment

Designed By Finansha Support By KontraktorFutsalIndonesia